sekarang telah lahir generasi umat Islam yg tidak lagi terpengaruh oleh trauma sejarah

Prof DR Nurholis Madjid ( alm) mantan ketua umum Pengurus besar (PB)HMI (Himpunan Mahasiswa Islam),sampai hari ini belum ada duanya dalam menjaga dan mengawal pemikiran umat. Tahun 1978 ketika kelompok2 kepentingan masyarakat mulai menyoal kepemimpinan Soeharto dengan cara ekstreem, padahal orde baru saat itu sedang kuat2nya.

Cak Nur panggilan akrab sang profesor mengeluarkan pemikiran yg brilyan dalam mengawal umat yg masih dalam proses pertumbuhan agar tidak terjadi benturan dengan penguasa. Pemikiran tersebut itu kemudian menjadi acuan Umat Islam ketika itu khususnya kader2 HMI dilapangan .

Tulisnya..”bahwa umat islam itu baru mengenal pendidikan umum paska kemerdekaan ( 1945), berarti tahun 1965 baru ada satu dua yg menjadi sarjana dan ditahun 1965 itu pula banyak anak umat yg telah menjadi mahasiswa,salah satu duanya adalah dirinya, Akbar tanjung, Fahmi Idris, Abdul Gofur.. dst”.

Menjelang meninggalnya Cak Nur juga beliau meramalkan bahwa “tahun 2010 Indonesia akan kebanjiran santri yg menjadi sarjana dan berkiprah diseluruh aktifitas kehidupan masyarakat”. Pesan yg beliau ingin sampaikan adalah kurang lebihnya ” hai..sadarlah umat bahwa kehadiranmu diblantika politik Indonesia adalah baru,karena itu bersabarlah dengan proses yg berjalan!.

Sejalan dengan itu adalah apa yg dikatakan ustadz Bahtiar Natsir dalam aksi damai 212 dilapangan monas tgl 12 februari 2017, bahwa” sekarang telah lahir generasi umat Islam yg tidak lagi terpengaruh oleh trauma sejarah,generasi terdidik yg tidak penakut!”. Trima kasih Cak Nur..engkau telah berhasil menghantarkan umat Islam dengan selamat sampai kepada generasinya Bahtiar nasir dan Anis Sandi. Sepeda man

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *