Karekteristik negara Indonesia sebetulnya mirip dengan negara Amerika

Karekteristik negara Indonesia sebetulnya mirip dengan negara Amerika.., karena itu Indonesia insya Allah kedepannya akan bisa menjadi negara maju seperti Amerika saat ini. Amerika adalah bangsa multi kultur dan multi bahasa ,sama dengan multi kultur dan bahasanya Indonesia.

Penduduk Amerika sekitar 250 juta, hampir sama dengan jumlah penduduk Indonesia. Kemerdekaan Amerika dicapai melalui revolusi fisik yg berakhir tgl 4 juli 1775 ,yaitu ketika pasukan penjajah Inggris dikalahkan di York town. Mirip dengan Indonesia yg kemerdekaanya dicapai melalui proklamasi 1945. Dari sejak kemerdekaannya Amerika baru lepas landas setelah 100 tahun kemudian yaitu ketika berakhirnya perang saudara tahun 1860.

Seperti diketahui Sebelumnya Amerika adalah dikenal sebagai negara rusuh konplik antar etnik kulit putih dan kulit hitam, antara indian (penduduk asli) dengan kulit putih dll. Sampai tahun 1963 tercatat terjadi 2500 kali kerusuhan besar kecil , empat presidennya tewas terbunuh. Sementara itu Indonesia sampai posisi hari ini umurnya baru 72 tahun sejak kemerdekaannya. jumlah kerusuhan masih bisa didata secara manual dan belum ada satupun presidennya yg terbunuh.

Berarti Indonesia paska kemerdekaan belum seratus tahun seperti Amerika ketika lepas landasnya.
Hari ini Indonesia mendung gelap, secara teori hujan akan turun yg berarti akan terjadi “rusuh besar”bisa jadi disusul dengan revolusi sosial. Amerika juga mengalami hal yg sama setelah 100 tahun kemerdekaannya telah terjadi kesenjangan sosial ekonomi, keadilan hukum khususnya antara antara wilayah utara dan selatan.

Konflik sosialpun memuncak dengan perang saudara.Itulah kemudian yg menurut literatur barat disebut sebagai “REVOLUSI KE 2” atau “rekonstruksi”. Indonesia telah mengalami beberapa pase orde, ada orde lama, orde baru , dan kini orde reformasi. Apakah mendung gelap ini akan menciptakan REVOLUSI KE 2 atau rekonstruksi?

Jawabannya adalah tergantung terkendalinya eskalasi sisial politik yg bisa menyulut konpilk besar atau tidak. Tapi bila konplik besar itu hikmahnya kemudian akan menyebabkan reknstruksi yg bisa mengarah kepada Indonesia menjadi negara maju seperti Amerika hari ini.. mengapa tidak!!!.sepeda man

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *